Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres Meksiko Berhaluan Kiri Halangi Presiden Fox Sampaikan Pidato


Para penyusun undang-undang yang berhaluan kiri di Meksiko melancarkan protes di Kongres, sehingga mencegah Presiden Vicente Fox untuk mengucapkan pidato terakhir kenegaraan di hadapan Kongres.

Fox membatalkan pidato itu Jumat malam sesudah para penyusuns undang-undang yang menuduh terjadi kecurangan dalam pemilu presiden dua bulan lalu menguasai ruangan Kongres itu beberapa menit sebelum Fox menurut rencana akan berpidato.

Beberapa anggota penyusun undang-undang yang beroposisi menyerbu podium, dengan membawa spanduk yang menyebut Fox sebagai pengkhianat demokrasi. Setelah menunggu di luar ruangan beberapa menit di luar ruangan, presiden yang akan meninggalkan jabatannya itu menyerahkan naskah pidatonya sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang , dan meninggalkan tempat.

Apa yang tampaknya sebagai versi rekaman pidato itu kemudian disiarkan melalui televisi nasional. Fox mengatakan, Meksiko memerlukan “keharmonisan, bukan anarki”. Kata Fox, siapapun yang menyerang “undang-undang dan lembaga “Negara juga “menyerang Meksiko” dan sejarahnya. .

XS
SM
MD
LG