Tautan-tautan Akses

Kofi Annan Desak Israel Cabut Blokade Terhadap Libanon


Sekjen PBB Kofi Annan mendesak Israel untuk mencabut blokade terhadap Libanon dan juga mendesak Hizbullah untuk membebaskan dua tentara Israel yang ditawan. Annan mengajukan seruan hari ini di Beirut setelah bertemu dengan perdana menteri Libanon Fuad Siniora dan menteri kabinet Hizbullah Mohammad Fneish.

Hizbullah menangkap dua tentara Israel sewaktu terjadi tembak menembak di perbatasan 12 Juli lalu, yang memicu terjadinya perang selama 34 hari antara Israel dan Hizbullah. Annan mengatakan dia ingin agar kehadirannya di Libanon ini akan meningkatkan solidaritas internasional atas Libanon.

Selama kunjungannya ke selatan Beirut yang terkena bom, Annan disambut oleh warga Libanon yang marah dan langsung meninggalkan daerah itu.

Di Israel, perdana menteri Ehud Olmert mengumumkan penyelidikan atas operasi militer yang dilancarkannya, namun tidak memerintahkan pembentukan komisi pemerintah yang lebih berwenang. Pemerintahan Olmert telah dikecam luas karena melakukan kesalahan dalam serangan militer di Libanon.

XS
SM
MD
LG