Tautan-tautan Akses

NASA Tunda Peluncuran Pesawat Ulang-Alik Atlantis Karena Teliti Dampak Sambaran Petir


Para pejabat Badan Aeronautika & Antariksa Nasional Amerika (NASA) memutuskan menunda peluncuran pesawat ulang-alik Atlantis, karena mereka memerlukan tambahan waktu untuk meneliti dampak sambaran petir kuat. Para insinyur mengatakan hari Sabtu mereka ingin memeriksa sistem yang berada dalam Atlantis maupun perlengkapan pendukung di darat yang mungkin mengalami kerusakan.

Petir menyambar landas-luncur pesawat itu hari Jum’at mengenai kabel yang menjadi bagian dari sistem yang bertujuan melindungi pesawat itu dari petir. Atlantis tadinya dijadwalkan diluncurkan hari Minggu untuk melakukan misi ke Stasiun Antariksa Internasional, namun kemudian ditunda menjadi hari Senin pukul 4.04 siang waktu setempat.

Para insinyur juga mengamati badai tropis 'Ernesto' yang sedang menggelegak di Karibia. Taufan itu diduga tidak akan mempengaruhi tempat peluncuran di Florida. Tetapi misi ulang-alik ATLANTIS bisa dipersingkat jika 'Ernesto' menerjang terlalu dekat ke Mission Control Center NASA di Houston, Texas.

XS
SM
MD
LG