Tautan-tautan Akses

Pemerintah Arab Saudi Keberatan Dengan Pernyataan Bush Soal "Fasis Islam"


Pemerintah Arab Saudi keberatan dengan pernyataan Presiden Bush yang menyebut sebagian teroris sebagai fasis Islam. Presiden Bush mengatakan hal itu Kamis lalu setelah para penyelidik mengatakan mereka telah menggagalkan rencana peledakan sejumlah pesawat, yang bisa menewaskan ratusan atau bahkan ribuan orang. Setelah rapat kabinet Senin ini, pemerintah Saudi mengirimkan pesan peringatan tertulis untuk tidak menyebut Muslim dengan tuduhan terorisme dan fasisme dan melecehkan sejarah Islam.

Bush dan para pejabat lainnya telah lama menggunakan bahasa yang keras untuk menggambarkan kelompok-kelompok militan, termasuk al Qaida. Sebelumnya, sebuah organisasi Muslim Amerika memprotes, pernyataan Bush ini akan meningkatkan kebencian Muslim di Amerika.

Sementara itu, hari ini Presiden Bush kembali meyakinkan rakyat Amerika bahwa Amerika menggunakan seluruh kekuatannya untuk melindungi negara ini dari teroris. Bush mengatakan hal itu sewaktu pertemuan di Pentagon dengan menteri pertahanan Donald Rumsfeld dan para pejabat tinggi lainnya. Bush mengatakan rakyat Amerika kini menghadapi masa-masa sulit, namun dia yakin dengan kemampuan negara ini untuk melindungi Amerika dari serangan teroris.

Bush mengatakan rakyat Amerika harus tahu bahwa dia terus menerus memikirkan bagaimana mengamankan negara ini. Bush juga bertemu dengan menteri luar negeri Condoleeza Rice dan pertemuannya dengan para pejabat tinggi ini berlangsung saat pertempuran di Irak masih terus berlanjut.

XS
SM
MD
LG