Tautan-tautan Akses

Pemerintah Libanon Menolak Beberapa Bagian Rancangan Resolusi DK PBB


Pemerintah Libanon menolak bagian-bagian dari rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan penghentian permusuhan antara Israel dan Militan Hizbullah. Para pejabat di Beirut hari Sabtu mengatakan, Pemerintah Libanon tidak menolak sepenuhnya proposal yang diajukan oleh Amerika Serikat dan Prancis itu. Tetapi mereka mengatakan, negara itu akan menuntut agar rancangan resolusi itu dirubah.

Resolusi yang diperkenalkan hari Sabtu itu meminta Hizbullah untuk mengakhiri serangan roketnya terhadap Israel, dan meminta pasukan Israel menghentikan semua operasi militernya. Ketua Dewan Keamanan, Nana Effah-Apenteng dari Ghana mengatakan, Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan lagi hari Minggu pagi ini setelah para anggotanya mengadakan konsultasi dengan pemerintah mereka masing-masing mengenai redaksi naskah rancangan resolusi tersebut. Tetapi para pemimpin Hizbullah mengatakan, kelompok itu hanya akan menerima gencatan senjata setelah semua tentara Israel meninggalkan Libanon. Sementara itu, seorang pejabat Israel menyebut rancangan resolusi itu penting tetapi mengatakan, pasukan Israel akan terus bertempur dalam hari-hari mendatang.

Sementara, dalam pertempuran di Libanon selatan, seorang tentara Israel tewas dan delapan orang lainnya luka-luka. Tentara Israel itu tewas dalam bentrokan semalam dengan militan Hizbullah dekat desa Taibe, di Libanon selatan. Para pejabat mengatakan, 8 anggota pasuka komando Israel luka-luka tatkala menyerbu satu kompleks apartemen di kota Tyre di Libanon selatan.

Seorang pejabat Israel, Brigadir Jenderal Noam Feig mengatakan kepada wartawan hari Sabtu, pasukan komando itu menewaskan 4 pejuang Hezabollah dalam serangan tersebut. Ia mengatakan, para pejuang Hizbullah itu terlibat dalam serangan roket jarak jauh ke arah Israel. Pejabat itu mengatakan, Komando Israel menewaskan 5 lagi pejuang Hizbullah ketika menarik diri dari sana.

Namun, pihak Hizbullah mengatakan pihaknya mematahkan serangan itu. Media setempat di Beirut melaporkan serangan udara Israel terhadap daerah-daerah pinggiran bagian selatan kota itu hari Sabtu. Hizbullah menembakkan paling sedikit 140 roket hari Sabtu ke Israel utara , menewaskan tiga warga Arab Israel.

XS
SM
MD
LG