Tautan-tautan Akses

Israel Tolak Seruan PBB Bagi Gencatan Senjata 72 Jam Untuk Misi Kemanusiaan


Israel telah menolak seruan PBB agar diadakan gencatan senjata 72 jam dalam konflik dengan Hizbollah di Libanon. Penolakan Israel Sabtu ini dilakukan sesudah ada seruan pejabat tinggi PBB urusan kemanusiaan –Jan Egeland – bagi diadakannya gencatan senjata 3 hari untuk memungkinkan kaum perempuan, anak-anak dan kaum lanjut usia guna menyelamatkan diri dari pertemuran dan memungkinkan pengiriman perbekalan darurat ke zona konflik.

Jurubicara pemerintah mengatakan Israel telah membuka lintas perbatasan Libanon bagi pengiriman itu, dan gerilayawan Hezbollah menghalanginya untuk menciptakan krisis kemanusiaan. Kapal AS mengangkut bantuan pertama Amerika ke Libanon tiba di Beirut Sabtu ini bagi ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal.

Israel meningkatkan serangan terhadap kedudukan Hizbullah di Lebanon Sabtu ini, satu hari sesudah militer Israel menewaskan 28 militan dalam bentrokan di Libanon selatan. Rincian serangan terbaru itu tidak jelas, tetapi Associated Press mengatakan, pesawat tempur Israel melakukan 120 serangan terhadap sasaran di Libanon dalam kurun waktu 36 jam, yang berakhir pagi ini. Kata para pejabat militer Israel, 7 tentara Israel luka dalam pertempuran Jumat kemarin.

XS
SM
MD
LG