Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice: Perlu Gencatan Senjata di Libanon Selatan


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan gencatan senjata di Libanon Selatan sangat diperlukan, tetapi penghentian tembak-menembak haruslah “berkelanjutan”.

Dalam perjalanan ke Israel hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin regional, Rice mengatakan kesepakatan gencatan senjata haruslah memperhatikan akar penyebab konflik. Katanya, Amerika Serikat melihat ini sebagai ancaman Hizbullah terhadap Israel serta dukungan aktif Iran dan Syria yang diberikan kepada kaum militan itu.

Rice akan bertemu di Yerusalem dengan perdana Menteri Israel Ehud Olmert, dan di Tepi Barat dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Para pejabat Amerika tidak berkomentar mengenai laporan dari Beirut yang mengatakan dia mungkin juga akan mengunjungi Libanon. Menteri Luar Negeri Amerika itu dijadwalkan akan melakukan pembicaraan di Roma hari Rabu dengan para pejabat Eropa, Arab dan PBB.

Dalam perkembangan lain, Menteri Luar Negeri Malaysia Syed Hamid Albar mengatakan Organisasi Konferensi Islam mungkin menyelenggarakan pertemuan komite eksekutifnya untuk membahas konflik Timur Tengah itu.

XS
SM
MD
LG