Tautan-tautan Akses

Indonesia Umumkan Jumlah Korban Tewas Akibat Tsunami Mejadi 668 Orang


Pemerintah Indonesia mengatakan jumlah yang meninggal dunia akibat tsunami hari Senin telah melonjak hingga paling sedikit 668 orang. Para pejabat mengatakan hari ini hasil penghitungan jenazah meningkat setelah hampir 100 jenazah ditemukan di daerah Ciamis, Jawa Barat. Gempa bumi kuat di lepas pantai pulau Jawa hari Senin menimbulkan gelombang maut yang melanda rumah, restoran, dan hotel di daerah Pangandaran. Paling sedikit 287 orang masih hilang dan ratusan orang cedera.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Jumat kemarin mengunjungi daerah bencana. Ia sembahyang bersama ribuan penduduk desa yang kehilangan rumah akibat tsunami, sementara tim pertolongan terus mencari para korban yang masih hidup dan merawat yang luka. Sejak gempabumi besar yang melanda Yogyakarta Mei, yang menewaskan 5700 orang, para petugas bantuan terus bekerja keras memberikan pertolongan berbulan-bulan.

Sementara itu, Duta Besar Amerika untuk Indonesia B. Lynn Pascoe hari ini mengunjungi provinsi Aceh untuk menghadiri peristiwa yang menunjukkan terus berlangsungnya kemitraan dengan Indonesia dalam membangun daerah-daerh yang dilanda tsunami dahsyat tahun 2004. Dubes Pascoe bertemu dengan para siswa, orang tua murid dan guru-guru di Sekolah Dasar 69, sekolah lokal yang berpartisipasi dalam program pengembangan pendidiian yang disponsor oleh USAID, Jawatan AS bagi Pembangunan Internasional.

Duta Besar Pascoe bersama para pejabat Indonesia dan para wakil dari sector swasta AS untuk meresmikan pasar ikan baru Peunanyong di Banda Aceh dan menyerahkan rumah-rumah yang baru saja selesai dibangun kepada penduduk di Geumbak Meualon. Direktur USAID William Frej menyertai Dubes Pascoe dalam peristiwa itu.

XS
SM
MD
LG