Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Iran Tak Akan Lepaskan Hak Menguasai Teknologi Nuklir


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan negaranya tidak akan melepaskan haknya untuk menguasai teknologi nuklir untuk tujuan damai – meskipun negara-negara besar telah memutuskan membawa kasus program nuklir Iran kepada Dewan Keamanan PBB. Ia mengatakan hari Kamis negaranya mungkin meninjau-ulang kerjasamanya dengan tim inspektur nuklir PBB dan kepatuhannya pada Perjanjian Melarang Penyebaran Nuklir (NPT).

Hari Rabu enam negara besar mengumumkan akan membawa kasus nuklir Iran kepada Dewan Keamanan PBB sebab Iran tidak menjawab paket perangsang asalkan menghentikan proses memperkaya uranium. Iran mengatakan pihaknya memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mempelajari paket itu.

Presiden Bush mengatakan ia masih tetap berpendapat konfrontasi mengenai nuklir itu masih dapat diselesaikan secara diplomatis. Berbicara di Jerman hari Kamis selesai mengadakan pembicaraan dengan Kanselir Angela Merkel, Presiden Bush menekankan pentingnya ‘berbicara dengan satu suara’ mengenai Iran. Kanselir Merkel mengatakan perlu ada langkah lain jika Iran tidak menjawab tawaran paket tadi.

XS
SM
MD
LG