Tautan-tautan Akses

India Menyebut Dua Tersangka Utama Bom Kereta-Api Bombay


India telah menyebut dua orang sebagai tersangka utama dalam ledakan bom yang terkordinasi di kereta-api penumpang di dan dekat Bombay hari Selasa yang menewaskan 200 orang dan melukai 700 lagi. Tim penyelidik India sedang mencari keduanya yang bernama – Sayyad Zabiuddin dan Zulfekar Fayyaz – yang diduga sebagai otak ledakan itu. Kebangsaan keduanya tidak dijelaskan.

Televisi India memberitakan polisi juga menyelidiki panggilan telepon ke kota Karachi di Pakistan dan Dubai beberapa menit sebelum dan setelah ledakan. Namun para pejabat mengatakan hari Kamis tersangka utama ledakan hari Kamis itu ialah Lasykar-e-Toiba yaitu kelompok militan Islam yang beroperasi di Kashmir-India. Polisi di Bombay menjelaskan, pola pengeboman dan perlengkapan yang dipakai menunjuk pada kelompok itu. Tetapi Lasykar-e-Toiba telah menyangkal terlibat dalam pengeboman itu.

Sebelumnya hari Kamis, seorang yang mengaku mewakili al-Qaida menghubungi sebuah kantor berita yang berkedudukan di Kashmir-India mengatakan jaringan teror itu telah membuka cabang di sana. Ia memuji ledakan di Bombay dengan mengatakan ledakan itu dipicu oleh penindasan yang dilakukan India terhadap minoritas dan Muslim. Tentara India menyatakan pihaknya sedang meng-evaluasi klaim tersebut. Presiden Bush menelepon perdana menteri India, Manmohan Singh menyampaikan simpati dan dukungan Amerika kepada India dalam perang melawan terorisme.

XS
SM
MD
LG