Tautan-tautan Akses

Obrador Kerahkan Pendukungnya Menuntut Penghitungan Ulang Suara Pemilu Meksiko


Para pendukung kandidat presiden Meksiko yang berpandangan kiri, Andres Manuel Lopez Obrador dikerahkan ke ibukota negara itu, untuk menuntut penghitungan ulang surat suara satu demi satu. Ratusan demonstran mulai berdatangan hari Selasa, berkumpul untuk melakukan protes massal di Lapangan Zocalo Kota Meksiko hari Minggu.

Sementara itu Felipe Calderon yang kelihatannya keluar sebagai pemenang menyerukan ketenangan selagi para demonstran terus mempermasalahkan hasil pemilu presiden tanggal 2 Juli itu. Para pendukung Lopez Obrador mengatakan penyimpangan luas dalam pemungutan suara telah memungkinkan Calderon memenangkan penghitungan suara pendahuluan dengan selisih tipis.

Para pemrotes mengatakan mereka memiliki bukti kecurangan, termasuk rekaman video yang menunjukkan seorang yang menjejalkan kertas suara kedalam kotak suara di negarabagian Guanajuato. Staf Lopez Obrador telah mengatakan protes jalanan akan berlanjut sampai waktu tidak terbatas. Hari Sabtu lebih dari 100 ribu demonstran berkumpul di ibukota.

XS
SM
MD
LG