Tautan-tautan Akses

Para Menlu Enam Negara Sepakat Ajukan Iran ke Dewan Keamanan PBB


Menteri-menteri luar negeri enam negara besar dunia telah sepakat mengajukan kembali Iran ke Dewan Keamanan PBB karena program nuklirnya yang kontroversial. Menteri Luar Negeri Prancis Philippe Duste-Blazy mengatakan, dia dan rekan-rekannya dari Amerika Serikat, Rusia, Cina, Inggris dan Jerman mencapai kesepakatan itu hari ini di Paris.

Douste-Blazy mengatakan Iran tidak memberi indikasi apapun mengenai kesediaan untuk membahas dengan sungguh-sungguh tawaran internasional untuk memberikan insentif jika Teheran menghentikan aktivitas pengayaan uranium. Katanya, keenam negara akan mengupayakan resolusi Dewan Keamanan yang mengharuskan Iran menghentikan pengayaan dan menyatakan proses itu akhirnya dapat menyebabkan penjatuhan sanksi.

Sebelum pembicaraan hari ini, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Iran telah memberi jawaban yang tidak lengkap dan mengecewakan pada tawaran internasional itu. Juru-runding internasional Iran telah memberiathu kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana bahwa dia memerlukan tambahan waktu.

XS
SM
MD
LG