Tautan-tautan Akses

AS Desak Israel Tidak Cederai Warga Sipil Dalam Serbuannya ke Milisi Palestina


Amerika mendesak Israel supaya jangan mencederai warga sipil dalam serbuannya atas kelompok-kelompok milisi Palestina di jalur Gaza. Ini dikatakan oleh jurubicara Departemen LN Amerika hari Jumat karena adanya keprihatinan atas aksi-aksi kekerasan dan tewasnya warga sipil yang tidak bersalah.

Tapi jurubicara Amerika itu juga menuntut dibebaskannya dengan segera dan tanpa syarat, seorang tentara Israel yang diculik oleh Palestina. Katanya, penculikan itu telah memicu krisis yang sedang terjadi, tapi dia juga mengingatkan bahwa Israel harus menahan diri. Serangan udara dan tembakan tank menewaskan empat orang lagi di jalur Gaza, sehingga jumlah korban Palestina yang tewas sejak hari Kamis mencapai 28 orang.

Mahmud Ahmadinejad, Presiden Iran, mengecam serangan Israel itu dan menyebut Israel sebagai sebuah ‘rezim palsu’ yang harus dibongkar. Ahmadinejad juga memperingatkan Israel bahwa dunia Islam akan ‘meledak’ kalau Israel terus melanjutkan serbuannya.

Program pangan dunia, sementara itu menyerukan dicabutnya hambatan-hambatan untuk masuk ke jalur Gaza supaya supplai bahan makanan bisa dikirim bagi warga Palestina yang kekurangan pangan. Penutupan jalan masuk ke jalur Gaza, kata PBB telah mengakibatkan melonjaknya harga bahan-bahan pokok.

XS
SM
MD
LG