Tautan-tautan Akses

Bush Hubungi Negara-Negara Lain Untuk Menyusun Sikap Bersama Soal Rudal Korut


Presiden Bush mengatakan ia menghubungi negara-negara lain untuk menyusun sikap bersama guna menyelesaikan secara diplomatis konfrontasi dengan Korea Utara menyusul uji-coba misilnya hari Rabu. Ia mengatakan ia telah membicarakan isu itu dengan para pemimpin Jepang, Russia, Cina dan Korea Selatan.

Menurutnya, masyarakat internasional harus memberitahu Korea Utara bahwa ada cara yang lebih baik untuk maju daripada mengucilkan diri dari bagian selebihnya dunia. Seterusnya Bush mengatakan satu cara untuk membujuk Korea Utara agar mematuhi norma internasional ialah lewat Dewan Keamanan PBB.

Dewan sedang membahas rancangan resolusi yang diajukan Jepang. Duta Besar Amerika untuk PBB John Bolton mengatakan ada dukungan luar biasa besar agar Dewan mengeluarkan pernyataan keras mengutuk uji coba misil itu.

Korea Utara mengatakan uji coba berhasil dan akan melakukan uji coba lebih lanjut. Namun Departemen Pertahanan Amerika mengatakan tidak satupun dari misil yang diuji-coba menimbulkan ancaman terhadap Amerika. Dan satu-satunya misil jarak jauh yang turut diuji-coba ternyata gagal satu menit setelah diluncurkan.

XS
SM
MD
LG