Tautan-tautan Akses

NASA akan Tetap Meluncurkan Pesawat Antariksa Discovery


Badan Antariksa Amerika, NASA, mengatakan mereka akan tetap melaksanakan rencana untuk meluncurkan pesawat antariksa Discovery hari ini, walaupun ada keprihatinan akan keretakan yang ditemukan dalam insulasi busa tangki bahan bakarnya.

Para pejabat NASA mengumumkan keputusan itu Senin malam setelah rapat para pengelola pesawat ulang-alik antariksa tadi. Keretakan itu ditemukan dalam pemeriksaan setelah peluncuran dibatalkan hari Minggu lalu. Peluncuran itu dibatalkan karena cuaca buruk, seperti yang terjadi hari Sabtu.

Para insinyur mengatakan kehilangan busa tadi tidak berpengaruh buruk terhadap fungsi tangki bahan bakar tersebut, dan bahwa ada cukup busa yang terpasang untuk menginsulasi dengan sewajarnya tangki tersebut.

Para pejabat NASA sudah berusaha menanggulangi keprihatinan akan insulasi busa tersebut sejak pesawat antariksa Colombia hancur tahun 2003, yang menewaskan 7 orang astronot.

NASA mengatakan bahwa busa merusak sayap pesawat Columbia itu, yang mengakibatkan kehancuran pesawat tersbut ketika memasuki kembali atmosfir bumi.

XS
SM
MD
LG