Tautan-tautan Akses

AS Terkejut Rumania akan Menarik Pasukannya dari Irak


Amerika Serikat mengatakan pihaknya terkejut oleh laporan bahwa Rumania mungkin akan menarik pasukannya dari Irak, dan mengatakan Amerika akan meminta penjelasan.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Washington tidak diberitahu mengenai adanya rencana Rumania untuk menarik ke-890 tentaranya. Perdana Menteri Rumania, Calin Tariceanu, mengusulkan penarikan itu hari kamis, karena apa yang disebutnya, kerugian keuangan dan manusia oleh pengerahan pasukan itu.

Namun, yang menambah kebingungan lagi, Presiden negara itu, Train Basescu, secara terbuka menentang usul itu. Ia mengatakan penarikan pasukan tidak dapat diterima dan akan merusak kredibilitas Rumania di luar negeri. Menurut undang-undang Rumania, Dewan Pertahanan Tertinggi Negara, yang diketuai oleh Presiden, mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan mengenai penarikan.

Sementara itu, di Irak, polisi mengatakan seorang pembom mobil bunuh diri menyerang acara pemakaman seorang tentara Shiah di Kirkuk, menewaskan paling sedikit 4 orang dan melukai kira-kira 25 lainnya.

XS
SM
MD
LG