Tautan-tautan Akses

PM Shinawatra Bantah Partainya Lakukan Kecurangan Dalam Pemilu Thailand


Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra mengatakan partai pemerintahnya tidak melakukan kecurangan dalam pemilu bulan April. Menyusul tuduhan bahwa partainya, Thai Rak Thai melanggar undang-undang pemilu, Thaksin hari ini Minggu mengatakan partainya tidak berbuat salah.

Dua hari yang lalu, Komisi Pemilu Thailand menyatakan partai itu membayar partai-partai kecil untuk bersaing menghadapinya untuk membuat pemilu itu kelihatan lebih memiki legitimasi. Undang-undang Thaland mengharuskan lebih dari satu calon dalam setiap perebutan kursi, dan beberapa kandidat partai pemerintah maju tanpa saingan karena boikot oposisi.

Para jaksa akan memutuskan hari Selasa apakah akan mengajukan kasus itu ke Mahkamah Konstitusi. Jika dinyatakan bersalah partai itu bisa dibubarkan. Thaksin semula meminta diselenggarakan pemilu untuk menghentikan protes anti-pemerintah.

Sebelumnya, Thaksin telah dituduh korupsi dan menyalahgunakan kekuasaan. Pemilu bulan April itu dianggap tidak konstitusional. Pemilu baru dijadwalkan bulan Oktober.

XS
SM
MD
LG