Tautan-tautan Akses

AS Desak Teheran Segera Berikan Jawaban Atas Paket Insentif Nuklir


Penasehat Keamanan Nasional Amerika Stephen Hadley berseru kepada Iran agar memberi jawaban yang cepat kepada paket perangsang yang didukung Amerika guna mengatasi konfrontasi mengenai program nuklir Iran. Ia mengatakan hari Kamis, Amerika berharap Iran memberi jawaban sebelum tanggal 29 bulan ini tatkala para menteri luar negeri negara-negara besar bertemu di Moskow.

Selesai melakukan pembicaraan dengan menteri luar negeri Iran, Manouchehr Mottaki di Jenewa, Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan hari Kamis bahwa Iran sedang mempertimbangkan paket itu dengan sungguh-sungguh. Selagi tekanan internasional kepada Iran meningkat, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana mengatakan ia berharap akan bertemu lagi dengan perunding utama Iran dalam soal nuklir Ali Larijani kemungkinan pekan depan. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan hari Rabu negaranya akan memberi jawaban pada tanggal 22 Agustus, jangka waktu yang dikatakan Presiden Bush terlalu lama.

Sementara itu, panglima pasukan Amerika di Irak Janderal George Casey telah menuduh Iran membantu kelompok-kelompok Syi’ah Irak mengacau keadaan di Irak. Tuduhan ini dikeluarkannya dalam keterangan kepada wartawan di Departemen Pertahanan Amerika Pentagon hari Kamis. Ia mengatakan pasukan operasi khusus Iran secara tersembunyi memberi teknologi senjata dan latihan kepada kelompok ekstremis Syi’ah di Irak yang kemudian menggunakan bantuan itu melawan pasukan Irak dan Amerika.

Menurut Jenderal Casey tidak ada bukti kehadiran warga Iran di Irak tetapi Iran menggunakan ‘suruhan’ untuk melancarkan operasi itu. Dan ada petunjuk, katanya, bahwa pemberontak di Irak juga mendapat latihan dari simpatisan mereka di Libanon. Seterusnya Jenderal Casey mengatakan situasi di Irak tetap kompleks. Namun ia mengemukakan kemajuan yang dicapai Irak dalam membentuk pemerintah persatuan nasional dan tekad pemerintah itu untuk akhirnya mengambil alih tugas keamanan. Ia menambahkan, ia berbesar hati pemberontak Suni mengulurkan tangan kepada pemerintah baru. Cuma ia tidak merinci uluran tangan bentuk apa yang dimaksudnya.

XS
SM
MD
LG