Tautan-tautan Akses

John Bolton: Peluncuran Misil Balistik Korea Utara adalah Ancaman Perdamaian


Dutabesar Amerika di Perserikatan bangsa-Bangsa John Bolton mengatakan peluncuran percobaan misil balistik jarak jauh oleh Korea Utara adalah ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

Bolton mengatakan Rabu malam peluncuran misil oleh Pyongyang, terutama kalau misil itu meliwati wilayah angkasa Jepang, adalah hal yang tidak dapat diterima oleh Amerika Serikat. Misil pada percobaan terakhir Korea Utara tahun 1998 meliwati angkasa Jepang.

Sebelumnya, Presiden Bush mengatakan ia mengharapkan Korea Utara mematuhi persetujuan internasional yang telah dibuatnya , yang melarang percobaan misil jarak jauh.

Korea Utara telah mempertahankan larangan percobaan yang dikenakan sendiri itu sejak tahun 1999, tetapi mengatakan Korea Utara berhak mencoba dan mengembangkan misil.

Negara komunis yang tertutup itu mengumumkan tahun lalu pihaknya telah mengembangkan senjata nuklir. Gambar-gambar satelit menunjukkan Korea Utara tampaknya sedang bersiap-siap untuk meluncurkan misil yang mampu mencapai Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG