Tautan-tautan Akses

AS Mendukung Guatemala dalam Perebutan Mengisi Kursi Dewan Keamanan PBB


Amerika Serikat menyatakan dukungan pada Guatemala dalam perebutan untuk mengisi kursi bergilir dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tetapi, Amerika membantah menggunakan tekanan terhadap negara-negara Amerika Latin dalam usaha mencegah Venezuela mengisi kursi tersebut, yang akan terbuka tahun depan.

Harian Los Angeles Times hari Selasa memberitakan bahwa Amerika mendesak negara-negara Amerika Latin agar mendukung Guatemala dan menggunakan tekanan di belakang layar untuk mengalihkan dukungan dari Venezuela. Suratkabar itu juga memberitakan bahwa sekalipun Venezuela tidak mempunyai hak veto, negara tersebut dapat mengganggu usaha dalam Dewan Keamanan untuk mengambil tindakan terhadap Iran—kalau Teheran menolak tawaran insentif internasional untuk menghentikan kegiatan nuklirnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela urusan Amerika Utara, Maripili Hernandez, dikutip mengatakan tidaklah syah, tidak hormat, dan tidak bermoral bagi Amerika Serikat untuk menekan negara-negara bersahabat agar menentang Venezuela.

XS
SM
MD
LG