Tautan-tautan Akses

Bush Mengatakan Amerika akan Terus Mendukung Irak


Presiden Bush mengatakan Amerika akan terus mendukung Irak sementara Menteri Pertahanan Irak yang baru meninjau situasi di negaranya.

Setelah mengadakan pembahasan selama satu hari dengan tim keamanan-nya di Camp David kemarin, Bush mengatakan pembahasan dipusatkan cara-cara membantu pemerintah Irak yang baru menangani masalah keamanan, ekonomi, dan energi.

Namun, Bush tidak bersedia memperkirakan mengenai kemungkinan penarikan segera sebagian pasukan koalisi dari Irak. Ia mengatakan bahwa keputusan mengenai hal itu akan diambil berdasarkan pada keadaan di lapangan.

Ia juga mendesak negara-negara tetangga Irak agar berbuat lebih banyak guna membantu pembangunan kembali Irak dan mengatakan ia akan mendorong negara-negara di seluruh dunia agar menepati janji mereka untuk memberikan bantuan sebesar 13 milyar dolar.

Bush mengatakan Irak hendaknya membentuk dana khusus dari hasil penjualan minyaknya untuk membantu rakyat.

Hari ini waktu Washington, Presiden Bush dan penasehat-penasehat utamanya akan mengadakan pembicaraan tertutup hari kedua. Para pejabat pemerintah Irak akan turut serta dalam pembicaraan mereka dengan cara konferensi jarak jauh melalui telepon-video.

XS
SM
MD
LG