Tautan-tautan Akses

PBB Himbau Negara-Negara Arab Tambah Sumbangan Bagi Bantuan Kemanusiaan Darfur


Direktur Program Pangan PBB, James Morris telah menghimbau negara-negara Arab agar menambah sumbangan mereka kepada program bantuan kemanusiaan PBB itu. Dalam keterangan kepada wartawan hari Kamis sepulangnya dari Sudan, Morris mengatakan negara-negara di kawasan Teluk Persia dan Timur Tengah hanya memberi 30 juta dolar setahun kepada program yang dipimpinnya. Sedang menurutnya, mereka sanggup menyumbang sampai sepuluh kali jumlah itu. Banyak negara Arab mendapati penghasilan mereka melonjak disebabkan harga minyak yang tinggi.

Program Pangan Sedunia berusaha keras memberi makan jutaan orang di kawasan Darfur yang dirobek perang di Sudan barat. Program mengatakan, akibat kekurangan dana catu makanan harian di Darfur pada bulan April terpaksa dikurangi separoh. Sumbangan baru dapat mengatasi sebagian besar dari pengurangan itu. Namun Morris mengingatkan tingkat pendanaan sekarang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan di Darfur.

Sementara itu secara terpisah, isteri Presiden Bush – Laura – telah menambahkan empat negara Afrika lagi ke dalam daftar negara yang mendapat program pemberantasan malaria dukungan Amerika di benua Afrika. Berbicara di Washington hari Kamis, Laura Bush mengatakan Amerika akan menjadi mitra dalam pemberantasan di Malawi, Mozambique, Rwanda dan Senegal.

Laura Bush mengatakan program itu membantu negara-negara tersebut dengan obat anti malaria dan kelambu anti nyamuk tahan lama dan juga menolong mereka melakukan penyemprotan untuk membunuh nyamuk. Program berbeaya 1,2 miliar dolar dan berjangka waktu lima tahun itu diumumkan Presiden Bush tahun lalu dan yang sudah lebih dulu ikut dalam program adalah Uganda, Tanzania, dan Angola. PBB mengatakan, setiap hari ada tiga ribu anak yang mati di Afrika akibat malaria.

XS
SM
MD
LG