Tautan-tautan Akses

AS Prihatin Mengenai Kelompok Teroris di Somalia


Presiden Bush mengatakan ia prihatin Somalia bisa berubah menjadi tempat berlindung bagi para teroris al-Qaida. Bush hari Selasa mengatakan ia mengamati perkembangan di Somalia secara seksama. Ia mengatakan ia hendak memastikan negara itu tidak akan menjadi tempat bagi para teroris untuk merencanakan serangan.

Para pejuang Islami di Somalia kini sudah bergerak ke arah kota Jowhar setelah menguasai ibukota Mogadishu, hari Senin. Menurut beberapa saksi mata, para pejuang itu kini ditempatkan sekitar 20 kilometer di selatan Jowhar dan menunggu perintah untuk menyerang. Kota itu merupakan salah satu kubu koalisi hulubalang sekuler yang bertempur dengan pihak Islami itu di Mogadishu. Aliansi ini menuduh milisi Islam tersebut mempunyai kaitan dengan al-Qaida.

Para pendukung kedua pihak melangsungkan rapat umum di ibukota hari Selasa. Ratusan menghadiri rapat umum di mana para tokoh Islami bertekad untuk membuat Somalia di bawah hukum Shariah. Lebih seribu orang ikut dalam demonstrasi menentang pihak Islami tersebut dipimpina oleh suku Abgal. Para pemimpin aliansi hulubalang itu bersikeras pertempuran untuk Mogadishu belum usai, dengan mengatakan pasukan mereka akan bergerak untuk meraih kembali daearah yang terlepas. Persatuan Pengadilan Islami Mogadishu menyatakan kemenangan melawan para hukubalang itu hari Senin, setelah para pejuang mendesak keluar para hulubalang dari beberapa kubu setempat.

XS
SM
MD
LG