Tautan-tautan Akses

Downer: Pasukan Perdamaian Australia di Timor Leste Harus Dibawah Koordinasi PBB


Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer mengatakan pasukan penjaga perdamaian Australia di Timor Leste harus melaksanakan tugasnya di bawah pasukan Perserikatan Bangsa Bangsa yang lebih besar.

Berbicara hari ini di Dili, ibukota Timor Leste, menteri luar negeri itu mengatakan bahwa Perserikatan Bangsa Bangsa seharusnya memiliki peran yang lebih besar dalam membantu untuk menghentikan kerusuhan yang telah berlangsung selama berminggu-minggu di sana.

Downer bertemu dengan tokoh-tokoh Timor Leste dan para pejabat PBB hari ini untuk membantu mendesak faksi-faksi yang bersaingan untuk meletakkan senjata mereka. Australia mengerahkan 1300 tentara ke Timor Leste pekan lalu setelah pemberontakan oleh tentara dan polisi menyulut terjadinya bentrokan yang lebih luas antara kelompok-kelompok yang bermusuhan.

Kekerasan itu telah menewaskan paling sedikit 27 orang. Timor Leste tampak tenang hari ini. Sebelumnya pekan ini, Presiden Timor Leste Xanana Gusmao memberhentikan menteri dalam negeri dan menteri pertahanan. Ia telah mengangkat Jose Ramos Horta yang populer sebagai menteri pertahanan yang baru.

XS
SM
MD
LG