Tautan-tautan Akses

Pemimpin-Pemimpin Timor Leste Bahas Pemecahan Atasi Kerusuhan


Pimpinan pemerintah Timor Leste bersiap-siap mengadakan pertemuan hari ini untuk membahas cara pemecahan terhadap kekerasan meluas yang terjadi yang telah menutup ibukota Dili. Presiden Xanana Gusmao dan PM Mari Al Katiri siap membicarakan cara pemecahan terhadap keresahan yang diakibatkan oleh tingkah bekas-bekas tentara dan pasukan pemerintah. Apa yang dimulai sebagai protes terhadap pemecatan terhadap lebih dari sepertiga angkatan bersenjata Timor Leste sekarang telah pecah menjadi kerusuhan sipil.

Selama tiga hari ini, para perusuh berkeliaran di kota Dili, membakari gedung-gedung dan menyerang penduduk. Lebih dari 27 orang dikabarkan tewas dalam kekerasan ini. Puluhan ribu orang mencari perlindungan di gereja-gereja, kedutaan-kedutaan asing dan pelabuhan udara. Kurang lebih 1.300 pasukan perdamaian Australia di Dili belum dapat menghentikan kerusuhan, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan pecahnya perang saudara.

Seorang wartawan VOA di Dili mengatakan asap mengepul dari beberapa bagian kota. Para pejabat juga mengabarkan keadaan yang semakin buruk di kamp-kamp yang buru-buru didirikan bagi mereka yang melarikan diri dari kerusuhan. Perdana Mentri Timor Leste Mari Alkatiri mengatakan semakin memburuknya kekerasan itu adalah bagian persekongkolan untuk menggulingkan pemerintahan.

XS
SM
MD
LG