Tautan-tautan Akses

Washington Selidiki Tuduhan Pembunuhan 24 Warga Sipil Irak Oleh Marinir AS


Tentara Amerika sedang menyelidiki tuduhan bahwa pasukan marinirnya membunuh sedikitnya 15 orang warga sipil Irak dalam insiden yang terjadi bulan November tahun lalu. Kata anggota Kongres Amerika yang telah diberi tahu tentang hal itu, anggota marinir Amerika itu membunuh warga Irak yang tidak bersenjata di desa Haditha, sebelah barat Baghdad, setelah terjadinya serangan bom rakitan yang menewaskan seorang anggota pasukan marinir Amerika.

Tapi kata anggota Kongres Amerika John Murtha, jumlah warga Irak yang tewas di Haditha bukan 15, tapi 24 orang. Tadinya dikatakan, terjadi tembak-menembak di desa haditha itu, tapi penduduk setempat mengatakan tidak ada tembak-menembak, dan hanya pasukan Amerika yang melepaskan tembakan.

Sementara itu, Senat Amerika telah mengukuhkan jenderal angkatan udara Michael Hayden sebagai direktur dinas intelijen pusat Amerika atau CIA. Hayden terpilih dengan perbandingan suara 78 lawan 15 hari Jumat pagi. Jenderal Hayden minggu lalu mempertahankan program penyadapan telpon domestik yang kontroversial itu, karena katanya, program itu tidak melanggar hukum dan perlu untuk melawan teror.

XS
SM
MD
LG