Tautan-tautan Akses

Menlu Mottaki: Iran Akan Lancarkan Serangan Balasan Kalau Diserang AS


Iran akan melancarkan serangan balasan kalau diserang oleh Amerika karena program nuklirnya yang dianggap kontroversial itu. Ini dikatakan oleh menteri luar negeri Manouchehr Mottaki ketika berkunjung ke Baghdad hari Jumat. Kalau Amerika melancarkan serangan atas Iran dari manapun, katanya, Iran akan melancarkan serangan balik atas tempat itu.

Tapi, kata Mottaki, dia berpendapat kemungkinan serangan Amerika itu hanya kecil saja. Amerika dan Eropa menyerukan pada Iran supaya menghentikan proyek pengayaan uraniumnya, tapi ini ditolak oleh Iran.

Kemarin, Presiden Bush mengatakan Iran yang punya senjata nuklir adalah suatu bahaya yang luar biasa. Kelima anggota tetap DK ditambah Jerman akan bertemu lagi minggu depan untuk menyusun paket bantuan yang akan ditawarkan, dan sanksi apa yang akan diambil kalau Iran terus berkeras menjalankan proyek nuklirnya.

Sementara itu secara terpisah, Rusia akan jalan terus dengan penjualan misil-misil anti-pesawat udara yang canggih kepada Iran, kata menteri pertahanan Sergei Ivanov. Katanya, penjualan misil-misil tor-M-1 yang bernilai 700 juta dollar itu akan segera dirampungkan, kecuali ada hal-hal yang luar biasa.

XS
SM
MD
LG