Tautan-tautan Akses

Rice: Dewan Keamanan PBB Mencapai Kemajuan Mengenai Program Nuklir Iran


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan para diplomat tertinggi dari ke-5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman telah mencapai kemajuan dalam strategi untuk menanggulangi program nuklir Iran. Tetapi, dia mengatakan pembicaraan lebih jauh masih dibutuhkan.

Negara-negara besar telah membicarakan paket insentif bagi Iran untuk menghentikan kegiatan nuklirnya, serta tindakan ganjaran yang jelas kalau Iran menolaknya. Rice mengakui bahwa pertemuan tertutup para pejabat tinggi dari yang disebut P-Five ditambah satu di London itu, berakhir tanpa persetujuan hari Rabu. Dia mengatakan pembicaraan lebih jauh – kemungkinan pada tingkat Menteri – akan diperlukan.

Menteri Rice membicarakan pertemuan di London itu dalam jumpa pers di Washington dengan pimpinan Badan Energi Atom Internasional, Mohamed el-Baradei.

Negara-negara Barat mencurigai Iran berencana membuat senjata nuklir. Walaupun Teheran membantahnya, el-Baradei mengatakan penting bagi Iran untuk mengambil beberapa langkah untuk menjamin kepada dunia bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG