Tautan-tautan Akses

AS Memulihkan Hubungan Diplomatik Penuh dengan Libia


Amerika Serikat telah memulihkan hubungan diplomatik penuh dengan Libia untuk pertama kalinya dalam seperempat abad dan menghapuskannya dari daftar negara sponsor terorisme.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan hari Senin tindakan itu adalah sebagai pengakuan atas kesungguhan Libia menjauhi terorisme dan menghentikan program nuklirnya.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Timur Dekat, David Welch, menyatakan harapan agar perubahan hubungan Amerika dengan Libia akan memberi pesan kepada negara lain, khususnya Iran dan Korea Utara – dua negara yang menurut Washington berusaha memperoleh senjata nuklir.

Pemulihan hubungan itu terjadi setelah permusuhan bertahun-tahun antara Amerika Serikat dan Libia.

Libia dituduh tersangkut dalam peledakan sebuah disko di Berlin tahun 1986, yang menewaskan dua tentara Amerika. Sebagai balasan, pesawat tempur Amerika membom beberapa tempat di Tripoli dan Benghazi, dan Washington mengenakan sanksi terhadap Libia. Tripoli juga dituduh bertanggung jawab atas peledakan sebuah pesawat penumpang Pan Am tahun 1988 di angkasa Lockerbie, Skotlandia, yang menewaskan 270 orang.

XS
SM
MD
LG