Tautan-tautan Akses

Bush Yakinkan Mexico: Tak Ada Rencana AS Memiliterisasi Perbatasan


Presiden George W. Bush meyakinkan presiden Meksiko Vicente Fox bahwa ia tidak bermaksud memiliterisasi perbatasan antara kedua negara. Presiden Meksiko Fox menelepon Presiden Bush hari Ahad untuk menyatakan keprihatinannya mengenai laporan-laporan bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk mengirim pasukan Garda Nasional ke perbatasan.

Menurut sebuah pernyataan Gedung Putih, Presiden Bush mengatakan AS menganggap Meksiko sebuah negara sahabat dan apa yang sedang dipertimbangkan bukanlah militerisasi perbatasan. Presiden Bush direncanakan akan mengucapkan pidato televisi yang ditujukan kepada bangsa Amerika malam ini mengenai masalah pembaharuan imigrasi.

Dalam wawancara televisi, Penasihat keamanan Nasional Amerika, Stephen Hadley mengatakan pidato yang akan dipancarkan lewat televisi itu akan menyinggung masalah pengendalian perbatasan, keamanan dalam negeri dan usul untuk meluncurkan program pekerja tamu. Hadley mengatakan kepada televisi CNN bahwa salah satu pilihan yang sedang dipertimbangkan oleh Presiden Bush adalah mengirim pasukan Garda Nasional ke perbatasan untuk mengumpulkan dan melatih intelijen.

Tetapi Senator Chuck Hagel, anggota Partai Republik, partai Presiden Bush, mengatakan peranan militer dan Garda Nasional bukanlah untuk membantu menyediakan pengamanan perbatasan. Ia mengatakan kepada televisi ABC bahwa satuan-satuan Garda Nasional sudah menipis karena banyak dari mereka itu dikirim ke Irak.

XS
SM
MD
LG