Tautan-tautan Akses

AS: PBB Forum Terbaik Untuk Merundingkan Masalah Nuklir Iran


Gedung Putih menolak seruan agar mengadakan perundingan langsung dengan Iran mengenai program nuklir Iran, mengatakan PBB adalah forum yang lebih disukai untuk melakukan pembicaraan mengenai masalah itu. Berbicara hari Ahad di jaringan televisi CNN, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Stephen Hadley mengatakan Gedung Putih mendukung forum PBB seperti itu karena forum demikian memungkinkan lebih banyak negara ikut serta.

Hari Jumat, Sekretaris Jendral PBB Kofi Annan mendesak pemerintahan Bush agar mengikuti negara-negara Eropa mengadakan perundingan langsung dengan Iran untuk memecahkan kemacetan yang terjadi sekarang ini. Negara-negara Barat mencurigai Iran menggunakan program nuklirnya sebagai tabir bagi kegiatannya mengembangkan bom atom.

Iran bersikeras bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai. Juru runding Inggris, Prancis dan Jerman sedang menyusun daftar insentif yang akan ditawarkan kepada Teheran sebagai imbalan jaminan bahwa Iran akan menghentikan program pengayaan uraniumnya.

XS
SM
MD
LG