Tautan-tautan Akses

Kepala IAEA Ulangi Himbauan Solusi Diplomatik Dalam Krisis Nuklir Iran


Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Mohammed el Baradei hari Kamis di Amsterdam mengulangi himbauannya agar diusahakan penyelesaian diplomatik bagi krisis akibat adanya kecurigaan terhadap program nuklir Iran.

El Baradei menyambut baik putusan Dewan Keamanan PBB menunda perdebatan tentang harus atau tidak mengenakan sanksi terhadap Teheran. Negara-negara Barat menghendaki Dewan mengeluarkan resolusi yang mewajibkan Iran menghentikan semua pekerjaan memperkaya uranium atau akan dikenakan sanksi.

Mohammed el Baradei berharap kedua pihak mau berkompromi untuk menjamin bahwa Iran mempunyai hak untuk memiliki teknologi nuklir untuk tujuan damai. Ia juga menghimbau Iran untuk melakukan langkah-langkah membina kepercayaan dengan masyarakat internasional.

Sementara itu – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan siap berdialog dengan siapa saja untuk menyelesaikan isu nuklir negaranya. Hari Kamis ia mengatakan di Indonesia, adalah ‘mentertawakan’ untuk melihat negara yang sudah memiliki senjata nuklir menekan Iran untuk menghentikan program nuklir yang bertujuan damai.

XS
SM
MD
LG