Tautan-tautan Akses

Rice Mendesak Dewan Keamanan PBB agar Menghentikan Krisis Kemanusiaan di Darfur


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mendesak Dewan Keamanan PBB agar bertindak cepat menghentikan genosida dan krisis kemanusiaan di daerah Darfur, Sudan – menggambarkan kondisi disana sebagai sebuah “mimpi buruk yang panjang.”

Rice berbicara di depan rapat istimewa para menteri Dewan Keamanan Selasa kemarin untuk membahas persetujuan damai di Darfur yang ditanda-tangani pekan lalu di Abuja, Nigeria.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan kepada Dewan bahwa dua kelompok kecil pemberontak di Darfur yang tidak menanda-tangani perjanjian Abuja itu harus diyakinkan untuk melakukan hal itu. Annan juga meminta Dewan agar memastikan bahwa pihak-pihak yang menanda-tangani perjanjian damai itu melaksanakan komitmen mereka.

Annan menyerukan peningkatan besar-besaran dalam bantuan darurat bagi Darfur. Katanya badan-badan kemanusiaan membutuhkan dukungan segera untuk melanjutkan usaha mereka di Darfur, dan dia memperingatkan ada resiko bahwa kelaparan, kekurangan gizi dan penyakit dapat membunuh ratusan ribu orang.

XS
SM
MD
LG