Tautan-tautan Akses

PBB Akan Mulai Operasi Pengiriman Bantuan Langsung Untuk Rakyat Palestina


Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengumumkan apa yang ia sebut mekanisme internasional-sementara, untuk menjamin pengiriman bantuan langsung kepada rakyat Palestina. Annan berkata demikian di New York, hari Selasa, setelah pembicaraan di kalangan Kuartet Timur Tengah – yaitu Amerika, Rusia, Uni Eropa dan PBB – mengenai menghidupkan kembali proses perdamaian tersebut.

Rincian langkah itu tidak dikemukakan. Tetapi komisaris urusan luar negeri Uni Eropa Benita Ferraro-Waldner mengatakan langkah tersebut dimaksudkan untuk memastikan agar rakyat Palestina memperoleh bantuan yang mereka perlukan tanpa melalui pemerintah Palestina pimpinan Hamas.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan Amerika akan memberi bantuan obat-obatan dan suplai medis bernilai 10-juta dolar untuk rakyat Palestina. Rice, hari Selasa memberitahu para wartawan di New York bahwa Amerika prihatin tentang kebutuhan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Namun, ia mengatakan, pemerintah Palestina pimpinan Hamas harus meninggalkan kekerasan sebelum pihaknya bisa menjadi salah satu mitra dalam proses perdamaian.

Rice berkata demikian sementara Kuartet Timur Tengah yang hendak mewujudkan perdamaian – Amerika, Rusia, Uni Eropa dan PBB – bertemu di New York untuk membahas cara-cara menghidupkan kembali proses perdamaian. Para pejabat Amerika mengatakan bantuan medis itu akan dikirim melalui Dana Kanak-Kanak PBB dan berbagai LSM yang sudah mendapat persetujuan. Amerika dan negara-negara Barat lainnya telah membekukan bantuan kepada pemerintah Palestina pimpinan Hamas karena penolakan kelompok itu meninggalkan kekerasan dan mengakui Israel.

XS
SM
MD
LG