Tautan-tautan Akses

Rice dan Dewan Keamanan PBB Mengadakan Pertemuan Strategi di New York


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice dan para Menteri Luar Negeri dari beberapa negara lain yang terlibat dalam sengketa nuklir dengan Iran telah mengadakan pertemuan untuk memutuskan langkah berikut Dewan Keamanan PBB.

Rice dan para menteri dari anggota tetap Dewan Keamanan, ditambah Jerman mengadakan pertemuan strategi yang panjang di New York Senin malam, yang juga dihadiri pimpinan urusan kebijakan luar negeri Uni Eropa. Rice mengatakan sebelumnya bahwa pengumunan Iran yang diluar-dugaan mengenai pesan terinci yang dikirim kepada Presiden Bush tidak merupakan terobosan dalam krisis itu.

Para pejabat lain pemerintah Amerika, seperti Direktur Intelijens Nasional John Negroponte mengatakan tindakan Iran itu mungkin bertujuan untuk mempersulit usaha Amerika memperoleh resolusi Dewan Keamanan yang mengikat yang menuntut agar Iran menghentikan pengolahan uranium.

Rice mengatakan kepada seorang wartawan, surat dari Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad itu kira-kira 18 halaman panjangnya, yang meliput sejarah, falsafah dan agama. Dia mengatakan pesan Presiden Iran itu tidak membahas dengan kongkrit sengketa atas program pengembangan nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG