Tautan-tautan Akses

Lelehan Lava Mulai Tumpah dari Kawah Gunung Merapi, Jawa Tengah


Lelehan lava telah mulai tumpah dari kawah Gunung Merapi, Jawa Tengah, menyusul peringatan dari para ilmuwan bahwa gunung itu mungkin akan meletus dalam beberapa hari mendatang.

Aliran lava pertama mulai terjadi pagi hari ini. Para ahli gunung berapi telah mengeluarkan peringatan Siaga dekat gunung itu, peringatan tingkat tertinggi kedua. Para ahli memperingatkan pada akhir April bahwa gunung tersebut mungkin akan meletus dalam waktu satu hingga dua pekan mendatang, tetapi para pejabat mengatakan banyak penduduk desa dekat Gunung Merapi meninggalkan rumah-rumah mereka dengan perasaan berat. Mereka mengatakan banyak penduduk menolak untuk meninggalkan desa mereka.

Kantor berita Perancis mengutip para pejabat yang mengatakan bahwa diperkirakan akan ada 37-ribu pengungsi, tetapi sampai sekarang baru 3500 orang yang sudah mengungsi.

Merapi terakhir kali meletus tahun 1994, menewaskan sekitar 60 orang. Salah satu letusannya yang paling banyak menimbulkan kerusakan terjadi pada tahun 1930, ketika kira-kira 1300 orang tewas.

XS
SM
MD
LG