Tautan-tautan Akses

Batas Waktu Perjanjian Perdamaian Sudan dan Dafur Diperpanjang


Para penengah Afrika Utara telah memberi pemerintah Sudan dan pemberontak Darfur waktu tambahan 48 jam untuk menyetujui perjanjian perdamaian yang akan mengakhiri perang saudara. Batas waktu semula berakhir hari Minggu tengah malam, tetapi mediator utama Uni Afrika, Salim Ahmad Salim Senin pagi mengatakan, batas waktu itu diperpanjang setelah ada permintaan dari Amerika Serikat. Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Robert Zoellick mendesak kedua pihak supaya mem-finalkan perjanjian itu “segera” setelah perundingan yang berlangsung dua tahun.

Pemerintah Khartoum menyatakan siap menandatangani perjanjian itu, tetapi pemberontak mengatakan mereka tidak akan menandatangani dan berkeras menghendaki perubahan. Pemberontak mengatakan mereka menginginkan syarat-syarat lebih baik bagi peleburan pasukan mereka kedalam angkatan bersenjata Sudan, dan bagi perlucutan senjata laskar Janjaweed yang pro-pemerintah.

Perang tiga tahun di Darfur antara pasukan dan laskar yang didukung pemerintah dengan pemberontak Darfur telah menewaskan paling kurang 180 ribu jiwa dan memaksa lebih dari dua juta orang mengungsi.


XS
SM
MD
LG