Tautan-tautan Akses

Bush Secara  Resmi Menyambut Kedatangan Hu Jintao


Presiden Cina Hu Jintao telah tiba di ibukota Washington untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Bush di Gedung Putih, yang akan dimulai beberapa jam lagi.

Presiden dan Nyonya Bush akan dengan resmi menyambut kedatangan Hu dan Isterinya di ibukota Amerika. Kemudian, kedua pemimpin memulai pembicaraan di kantor Presiden mengenai beberapa masalah ekonomi dan politik luar negeri yang mendesak.

Sengketa nuklir dengan Iran dan Korea Utara diperkirakan akan menjadi pokok pembicaraan utama. Para pakar kebijakan luar negeri di Washington berpendapat Cina dapat memulai peran penting dalam perundingan internasional dengan Teheran dan Pyongyang.

Kedua Presiden juga menghadapi masalah ekonomi yang penting, yang timbul akibat pertumbuhan perindustrian Cina yang cepat dan kedudukannya yang dominant di antara mitra-mitra dagang Amerika. Washington mendesak Cina agar menaikkan nilai mata-uangnya dan mengurangi surplus perdagangan yang luar biasa dengan Amerika Serikat – yang sekarang mencapai laju lebih dari 200 milyar dolar satu tahun.

Ketika ia bersiap-siap berangkat dari pantai Barat Amerika menuju ibukota Washington kemarin, Presiden Hu mengatakan Cina ingin membuat bursa valuta asing lebih efisien, tetapi belum siap untuk melakukan perubahan drastic dalam nilai mata uangnya.

XS
SM
MD
LG