Tautan-tautan Akses

Ketua Parlemen Irak Menunda Sidang Yang Dijadwalkan Hari Senin Ini


Ketua parlemen Irak telah menunda sidang badan legislatif yang telah lama di nanti-nanti yang ditetapkan hari ini, setelah para perunding sekali lagi tidak berhasil sepakat mengenai siapa yang akan memimpin pemerintahan mendatang.

Pembicaraan antara para perunding Sunni Arab, Kurdi dan Shiah telah mengalami kemacetan sejak Desember mengenai tuntutan golongan Sunni dan Kurdi agar kelompok Shiah mengganti Ibrahim al-Jaafari sebagai calon mereka untuk perdana mentri. Para pengecam Jaafari mengatakan ia tidak banyak berbuat untuk menghentikan meningkatnya kekerasan antar golongan selama masa jabatannya sekarang ini sebagai perdana mentri.

Dutabesar Irak untuk Amerika Serikat, Samir Sumaidaie, mengatakan kepada CNN ia optimis kompromi akan segera terwujud yang akan membawa ke arah pembentukan sebuah pemerintahan persatuan. Ia mengatakan kompromi itu kemungkinan akan termasuk seorang yang bukan perdana mentri sekarang ini.

Sementara itu, polisi di Baghdad mengatakan sebuah ledakan bom mobil dekat sebuah masjid Shiah menewaskan sekurang-kurangnya empat orang dan mencederai enam lainnya.

XS
SM
MD
LG