Tautan-tautan Akses

Rice Berusaha Mempertahankan Rencana Anggaran 75 Juta Dolar


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice telah berusaha mempertahankan rencana anggaran 75 juta dolar untuk meningkatkan usaha penyiaran dan promosi demokrasi di Iran.

Berbicara di hadapan sebuah komisi Kongres hari Selasa, Menteri Rice mengatakan para pejabat Amerika telah mendengar dari banyak pihak bahwa masyarakat Iran ingin mendengar Amerika membicarakan keadaan mereka.

Pernyataan Rice ini menanggapi komentar anggota Kongres dari Partai Demokrat David Obey yang mengatakan bahwa siaran dari Amerika bisa dengan mudah dideskreditkan pemerintah Iran.

Rice mengatakan, pengalaman era Perang Dingin menyiratkan bahwa masyarakat Iran tidak akan mengesampingkan pesan-pesan Amerika. Ia mengatakan pemerintah-pemerintah bekas negara Uni Soviet dan Eropa Timur tidak mengindahkan pesan-pesan dari VOA dan Radio Free Europe, namun banyak rakyat mereka mendengarkan siaran-siaran radio yang didanai Amerika dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Dua pertiga dari dana sebesar 75 juta dolar yang diminta prisiden Bush ditujukan untuk meningkatkan siaran radio dan televisi berbahasa Farsi ke Iran, sementara sisanya untuk promosi demokrasi dan program-program pertukaran.

XS
SM
MD
LG