Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Negara Arab Membuka Pembicaraan Tingkat Tinggi di Sudan


Para pemimpin negara-negara Arab membuka pembicaraan tingkat tinggi di Sudan hari ini dan diperkirakan akan memusatkan perhatian pada situasi di Irak dan pemerintah baru Palestina yang dipimpin kelompok militan Islam Hamas. Kelompok-kelompok hak azasi juga menghendaki agar Liga Arab menekan Sudan agar menerima pengiriman tentara PBB di daerah Darfur yang dilanda perang.

Tetapi, paling sedikit sembilan dari 22 kepala negara Liga Arab tidak akan hadir ketika KTT itu diadakan di Khartoum untuk pertama kali sejak tahun 1967. Laporan-laporan media mengatakan Presiden Mesir Hosni Mubarak, Raja Abdullah dari Saudi Arabia dan Raja Abdullah dari Yordania adalah di antara yang tidak hadir. Laporan-laporan dari ibukota Sudan mengatakan KTT itu kemungkinan besar akan berlangsung satu hari, bukan dua hari seperti yang dijadwalkan semula.

Para pemimpin itu diperkirakan akan meminta supaya negara-negara Arab diberi peran yang lebih besar dalam masa depan Irak. Liga Arab juga baru saja memperbarui janjinya untuk mengirimkan 50 juta dolar setiap bulan kepada pemerintah Palestina

XS
SM
MD
LG