Tautan-tautan Akses

Rakyat Ukraina Berikan Suara Dalam Pemilu Parlemen


Rakyat Ukraina hari ini Minggu memberikan suara dalam pemilu parlemen dalam apa yang dipandang sebagai test atas “Revolusi Oranye” pro-demokrasi tahun 2004 di negara itu. Angket pendapat terbaru menunjukkan Partai “Ukraina Kita” Presiden Viktor Yushchenko tertinggal 10 point dari “Partai Daerah” saingannya Viktor Yanukovych.

Diperkirakaan tidak satu partaipun yang akan meraih cukup kursi untuk membentuk pemerintah. Jika parlemen gagal membentuk koalisi dalam waktu 60 hari, presiden dapat meminta penyelenggaraan pemilu baru.

Partai Yanukovych menghendaki hubungan erat dengan Rusia, sementara Yuschenko pro-Barat dan mengupayakan hubungan erat dengan Nato dan Uni Eropa. Partainya telah mendapat kesulitan dalam setahun terakhir menyusul perpecahan dalam pemerintahan dan tuduhan korupsi.

Presiden Yuschenko naik ke puncak kekuasaan setelah serangkaian demonstrasi pro-demokrasi di Kiev memrotes pemilu presiden Ukraina tahun 2004 yang cacat, yang semula dimenangkan Yanukovych. Demontrasi itu kemudian dikenal sebagai Revolusi Oranye karena para aktivis menggunakan warna kampanye Yushchenko sebagai lambang gerakan pro-demokrasi mereka.

XS
SM
MD
LG