Tautan-tautan Akses

Bush Memperingati Ulangtahun Ke-3 Penyerbuan Amerika ke Irak


Presiden Bush memperingati ulangtahun ketiga penyerbuan yang dipimpin Amerika ke Iraq dengan serangkaian pidato untuk meningkatkan dukungan bagi perang itu.

Pidato Bush hari ini di Ohio diperkirakan akan terfokus pada upaya membangun kembali komunitas Iraq dan menstabilkan negara itu.

Hari Minggu Presiden Bush mengatakan kepada wartawan, dia gembira dengan kemajuan politik Iraq dalam membentuk sebuah pemerintahan persatuan. Dia juga memuji apa yang telah dilakukan pasukan koalisi.

Sementara itu dalam wawancara televisi, Wakil Presiden Dick Cheney mengatakan, teroris di Iraq semakin putusasa dan sedang berusaha membangkitkan perang saudara.

Namun anggota Kongres dari Partai Demokrat John Murtha – seorang pensiunan kolonel Korps Marinir – mengatakan Iraq sekarang sudah dalam perang saudara dan pasukan Amerika sebaiknya mulai ditarik. Murtha – veteran dua perang – mengatakan penarikan pasukan Amerika akan memberi para pemimpin Iraq dorongan lebih kuat untuk mengambilalih kendali kekuasaan atas negara mereka.

XS
SM
MD
LG