Tautan-tautan Akses

Rice: Sengketa Program Nuklir Iran Harus Ditangani DK PBB


Sengketa soal program nuklir Iran harus segera ditangani oleh Dewan Keamanan PBB, kata menteri LN Amerika Condoleezza Rice. Rice menolak usul Rusia untuk menyelesaikan kontroversi itu di luar PBB.

Condoleezza Rice tidak mau menjawab pertanyaan wartawan, tentang kapan kiranya Iran akan punya senjata nuklir. Kata Rice, Amerika menghendaki supaya Iran jangan menempuh jalan yang berbahaya. Kata Presiden Bush, program nuklir Iran itu adalah ancaman keamanan nasional yang gawat. ke-5 anggota tetap DK hari Jumat bersidang untuk membahas tanggapan mereka atas perkembangan soal Iran itu, dan akan menyampaikan usul mereka kepada sidang lengkap DK PBB.

Para pejabat Iran mengancam akan membalas tindakan Amerika itu, kalau kasusnya diajukan ke sidang dewan keamanan. Amerika sampai sekarang belum mengancam akan melancarkan tindakan militer atas Iran.

Dalam isu lainnya, Menlu Condoleezza Rice mengatakan, pembangunan kekuatan militer Cina telah membuat risau Amerika, dan karenanya, Amerika akan bekerja sama dengan Jepang dan Australia untuk memantau situasi di Cina. Kata Rice, Amerika sadar bahwa Cina perlu memperkuat angkatan bersenjatanya, tapi akan menjaga supaya kekuatan itu tidak berlebihan dan tidak mengakibatkan ketidak-stabilan di Asia.

Condoleezza Rice mengatakan Amerika dan sekutu-sekutunya perlu mengadakan dialog dengan Cina tentang keamanan di kawasan Asia. Condoleezza Rice hari Jumat ini akan memulai kunjungan resmi ke Chili, Peru, Indonesia dan Australia.

XS
SM
MD
LG