Tautan-tautan Akses

Wapres Cheney: Iran Tak Akan Diperkenankan Membuat Senjata Nuklir


Wakil Presiden Dick Cheney mengatakan Iran tidak akan diperkenankan membuat senjata nuklir dan bahwa komunitas internasional akan memberlakukan “konsekuensi bermakna” jika Teheran bersikeras dalam upaya membuat senjata atom seperti yang disinyalir.

Ketika berbicara hari Selasa di depan kelompok lobi pro-Israel di Washington, Cheney mengatakan Amerika sekarang tetap membuka semua opsi untuk menangani apa yang disebutnya “perilaku tak bertanggung jawab” pemimpin-pemimpin Iran. Cheney berkata demikian sementara Badan Energi Atom Internasional bertemu di Wina untuk membahas program nuklir Iran dan apakah akan mengupayakan sanksi dari Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang kini berada di Amerika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice dan Presiden Bush. Ia kemudian membeirtahu para wartawan, Rusia tidak membuat proposal apapun yang akan memungkinkan Iran memperkaya uranium di dalam negeri. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari ini akan bertemu dengan Presiden Bush dan Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice sementara kedua negara menghadapi perbedaan pendapat atas isu-isu kebijakan luar negeri seperti program nuklir Iran dan kelompok militan Palestina, Hamas.

Rusia belum menunjukkan apakah pihaknya akan mendukung Amerika dan negara-negara Eropa lainnya dalam perdebatan yang terus berlanjut lantaran program nuklir Iran. Pejabat-pejabat Rusia telah berupaya menyiapkan kesepakatan yang dikompromikan berdasarkan mana Teheran akan memperkaya uranium di kawasan Rusia. Tetapi pembicaraan ini tidak mencapai kemajuan bermakna.

XS
SM
MD
LG