Tautan-tautan Akses

Kota Baghdad Sepi Karena Larangan Penggunaan Kendaraan Bermotor


Kota Baghdad sepi hari Jumat, karena adanya larangan penggunaan mobil dan kendaraan bermotor, sementara para pemimpin Islam menyerukan supaya rakyat tenang. Tapi-tokoh Islam sunni di kota Samarra, dimana terjadi serangan atas mesjid syiah yang penting bulan lalu, telah menyalahkan campur tangan luar dalam bentrokan antar suku itu. tidak dijelaskan siapa yang dimaksudnya.

Sebelumnya, kawanan bersenjata di Irak telah membunuh sedikitnya 9 karyawan Shiah dalam serangan di kota kecil dekat Baghdad. Polisi mengatakan, sejumlah pemberontak tak dikenal melakukan serangan di kota Nahrawan Kamis malam. Serangan itu terjadi sementara larangan kendaraan bermotor berlaku di Baghdad dalam usaha baru untuk mencegah tindak kekerasan antar golongan yang timbul sejak pengeboman masjid Shiah di Samarra pekan lalu.

Sementara itu, koalisi para tokoh politik Sunni dan Kurdi telah menyerukan agar PM Shiah meletakkan jabatan. Para tokoh politik mengatakan, PM Ibrahim al-Jaafari merupakan penghalang terwujudnya persatuan plitik, tetapi jurubicara bagi blok Shiah menyatakan terus mendukungnya untuk satu masa jabatan lagi.Masalah itu terjadi ketika beberapa pemimpin Sunni menyalahkan pemerintah pimpinan Shiah gagal menghentikan kekerasan maut yang terus berlangsung di negara yang dilanda perang itu.

XS
SM
MD
LG