Tautan-tautan Akses

Hamas: Iran Bersedia Menutupi Pemotongan Dana Bantuan Internasional ke Palestina


Kelompok militan Islami, Hamas mengatakan Iran bersedia memberi Otorita Palestina pendanaan untuk menutupi penghentian dalam bantuan luar negeri. Iran dikabarkan menjanjikan 250-juta dolar.

Sementara itu, Israel menyatakan penyesalan atas keputusan Uni Eropa untuk menyediakan bantuan darurat sebesar 143 juta dolar kepada Palestina, yang menghadapi krisis keuangan sementara Hamas berupaya membentuk pemerintah baru. Uni Eropa menyetujui pendanaan itu hari Senin, dengan mengatakan dana itu akan digunakan untuk melunasi rekening energi pemerintah dan layanan sosialnya. Tidak dikatakan apakah Uni Eropa akan meneruskan bantuan setelah pemerintah pimpinan Hamas dibentuk.

Utusan internasional James Wolfensohn memperingatkan bahwa Otorita Palestina bisa ambruk dalam dua pekan, umumnya karena Israel menangguhkan transfer uang tunai bulanan dari pendapatan pajak Palestina. Amerika dan Eropa juga mengancam akan menghentikan bantuan jika Hamas tidak mengakui Israel dan berjanji untuk tidak lagi melakukan tindak kekerasan.

XS
SM
MD
LG