Tautan-tautan Akses

IAEA Belum Bisa Memastikan Apakah Iran Kembangkan Senjata Nuklir


Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan pihaknya tidak bisa mengetahui apakah Iran mencoba mengembangkan senjata nuklir sebab Iran masih belum memberi kerjasama penuh dalam penyelidikan yang dilakukan IAEA.

Dalam laporannya badan itu mengatakan ‘ketidak pastian’ masih belum dapat dijernihkan meskipun sudah tiga tahun dilakukan inspeksi. Dewan Gubernur IAEA bersidang bulan depan untuk membahas laporan itu, lalu memutuskan perlu atau tidak membawa kasus nuklir Iran itu kepada Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan membuat Iran dapat dikenakan sanksi. Menurut laporan itu, Iran juga mengoperasikan sedikitnya 10 centrifuge dan melakukan proses pengayaan uranium kecil-kecilan.

Rusia dari semula berusaha membujuk Iran agar berhenti memperkaya uranium, yang oleh Barat diduga bertujuan untuk mengembangkan senjata nuklir. Iran menyatakan hari Minggu telah mencapai kesepakatan awal dengan Rusia untuk memperkaya uranium bagi Iran.

Namun beberapa pejabat Jepang yang menemui menteri luar negeri Iran hari Senin mengatakan Iran bersumpah tidak akan membekukan program nuklirnya. Rusia dan Iran akan bertemu lagi hari Selasa ini.

XS
SM
MD
LG