Tautan-tautan Akses

Bush Membela Transaksi Pelabuhan Antara AS dan Uni Emirat Arab


Presiden Bush membela tegas rencana bagi perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab untuk mengambil-alih operasi di enam pelabuhan besar di Amerika. Bush hari Selasa memberitahu para wartawan bahwa ia akan memveto setiap RUU yang hendak menahan kesepakatan itu.

Ia memperingatkan Amerika mengirim “sinyal beragam” dengan mengambil tindakan terhadap perusahaan dari Timur Tengah padahal tak ada suara yang menentang ketika perusahaan Inggris yang mengawasi operasi pelabuhan-pelabuhan itu. Perusahaan Inggris tadinya membawahi operasi niaga di ke enam pelabuhan, tetapi perusahaan itu telah dibeli oleh perusahaan-negara Dubai Ports World dari Uni Emirat Arab.

Persetujuan pemerintahan Bush atas transaksi itu memicu banyak kecaman oleh para pemimpin politik di kedua partai lantaran keprihatinan akan kemanana. Ketua fraksi mayoritas dari Partai Republik di Senat hari Selasa mendesak pemerintahan Bush supaya menunda penjualan itu atau menghadapi kemungkinan RUU yang dirancang untuk mengganjal transaksi itu hingga Kongres bisa meninjau kembali masalah tersebut.

XS
SM
MD
LG