Tautan-tautan Akses

Dua Tewas Dalam Aksi Protes Kartun Nabi di Pakistan


Dua orang tewas dan empat puluh lima lainnya luka-luka di kota Peshawar, Pakistan, di mana lebih 10 ribu demonstran memprotes karikatur Nabi Muhammad yang kontroversial. Meskipun karikatur itu mula-mula dipublikasikan di Denmark, massa juga menyerang beberapa restoran saji cepat dan sebuah hotel Amerika, bank Inggris, kantor milik Norwegia, dan gedung majelis setempat. Polisi di Islamabad,mencegah demonstran masuk ke daerah diplomatik yang dikawal ketat. Parlemen Pakistan menggelar pawai tanpa suara di jalan utama kota itu.

Di Iran, puluhan demonstran meneriakkan,“Kematian untuk Inggris,” dan, “Kematian untuk Amerika,” sambil melemparkan bom ke arah Kedutaan Besar Inggris di Teheran. Demonstrasi juga terjadi di luar kedutaan-kedutaan Denmark, Norwegia dan Prancis.

Lanjutan aksi kekerasan memicu solidaritas dari negara-negara Uni Eropa. Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso membela Denmark dalam sengketa karikatur itu, dengan mengatakan kebebasan menyatakan pendapat tidak bisa dikompromikan. Barosso mengatakan ia bisa memahami karikatur itu telah melukai perasaan banyak orang Muslim di seluruh dunia, tetapi itu pun tidak bisa membenarkan munculnya tindak kekerasan.

XS
SM
MD
LG